Monday, September 11, 2006

il mare atau the lake house


judul aslinya di korea "il mare" berarti lautan [bhs. italia]. film roman ini diangkat dan dikemas ulang oleh hollywood dengan judul "the lake house" dengan memasang sandra bullock dan keanu reeves sebagai tokoh utama [ehm, jadi ingat sama film speed 1, reeves dan bullock romantis banget di akhir film itu].

alur kisahnya pada bagian awal tentu membingungkan. bagaimana bisa dua orang ini berkorespondensi dengan jarak waktu terpisah dua tahun! dr.kate [bullock] hidup di tahun 2006, sementara alex [reeves] tahun 2004?

dari sinilah kisah roman berkembang. sarana korespondensi mereka hanyalah sebuah kotak surat di depan rumah kaca di tepi danau. mereka berjalan-jalan 'bersama' menggunakan peta dan penunjuk jalan. alex membantu menemukan buku kate [buku karangan jane austen, "persuasion"] yang tertinggal dua tahun lalu di stasiun. dan alex yang ternyata sempat berciuman dengan kate, tanpa menyadari bahwa dialah gadis yang dua tahun depan akan berkoresponden dengannya.

karakter alex digali dalam hubungannya yang kurang harmonis dengan sang ayah [diperankan oleh Capt. von Trapp alias Christopher Plummer yang masih tajir]. ayahnya yang mendesain the lake house untuk sang ibu. namun karena kesibukannya sebagai arsitek, sang ibu meninggalkan mereka. bahkan sampai mati pun, sang ayah tidak menghadiri upacara pemakamannya dengan kalimat dingin: "ibumu sudah mati bagiku sejak ia meninggalkan rumah ini".

tapi unik juga ya, si alex mengikuti jejak sang ayah sebagai arsitek. ia mengidamkan rumah itu dirancang ulang untuk kate, kekasihnya yang terpisah dua tahun di depan.

suatu kali, mereka berniat untuk bertemu secara fisik.
pas hari valentine 2006. pagi hari kate sementara ngobrol dengan ibunya sambil menikmati sandwich. mendadak seorang pemuda ditabrak mobil. kate berlari. sebagai seorang dokter ia berusaha menyelamatkan nyawa pemuda. namun sayang, pemuda itu tak tertolong.

malam harinya, kate menunggu seorang diri di resto il mare. alex tak kunjung datang menemuinya. kate memutuskan untuk tidak menghubungi alex lagi.

hari valentine 2008, kate masuk ke kantor arsitek vanguard associate yang dikelola henry, adik alex. kate terpesona melihat rancangan the lake house yang terpasang di dinding yang dibuat oleh alex. kate bertanya di mana alex sekarang?
"alex sudah meninggal dua tahun lalu, tepat di hari valentine. ia ditabrak mobil", kata henry.
kate terguncang saat mengetahui hal ini. ia bergegas menuju ke rumah danau dan memasukkan sebuah pesan, sambil berharap alex menemukan dan membacanya.

ia baru tahu mengapa alex tidak datang di resto il mare dua tahun lalu. alex-lah pemuda yang meninggal dalam kecelakaan itu.

kini kate menuliskan pesan agar alex tidak pergi ke plaza menjumpainya supaya luput dari peristiwa tabrakan maut. ia berlutut di depan kotak surat depan rumah danau. mengharapkan keajaiban. dan ini bagian yang memang paling emosional dari film the lake house. penonton seakan diajak untuk berdoa bersama kate.

bagaimana akhirnya?
tidak saya ceritakan di sini... hahaha. lebih baik menonton film ini secara lengkap. terdapat pesan cinta yang kuat di dalamnya.

kalimat terakhir di film ini diucapkan oleh kate: "you waited". film pun berakhir, dengan sepotong rasa tertinggal di gedung bioskop.

ya, you waited.

2 comments:

Restituta Arjanti said...

bingungin ga pelemnya? aku nonton versi koreanya, tapi sayangnya cuma nonton pas ending... nggak ngerti :D

Toni said...

hehehe... kesalahanmu Tuta: 1. nonton versi koreanya. 2. telat nonton pas bagian endingnya doang. lain kali jangan diulang ya... hahaha! [coba deh nonton The Lake House. masih bingung gak?]