Sunday, May 20, 2007

commander in chief


saya sedang menggemari tayangan film seri "commander in chief". kisahnya menarik dan cerdas. temanya pun unik: bagaimana bila negara adidaya AS dipimpin seorang perempuan presiden? seorang Mackenzie Allen diperankan oleh Geena Davis tampil sebagai presiden secara pas: gagah, cerdas, namun tetaplah seorang ibu bagi keluarganya.

lihat saja pada capture sela setiap tayangannya: berdiri menghadap jendela dengan tangan di pinggan. mengingatkan pada gambar Napoleon Bonaparte.

lalu, hei, siapa yang bilang seorang perempuan tidak bisa menjadi presiden dan mengurus negara?

episode: 'wind beneath my wings' yang ditayangkan malam tadi memperlihatkan bagaimana sang madam presiden mengatasi kasus penyenderaan pesawat Air Force One. cerdas dan amat manusiawi. luar biasa. sang penyandera yang mantan tentara diajak bicara oleh presiden melalui telepon dengan wibawa seorang presiden. kabarnya, isterinya menderita kanker usus dan tidak mendapat asuransi kesehatan, sehingga ia berbuat nekat. apapun alasan purnawirawan tadi, ia telah melanggar sumpah prajurit untuk melindungi negara, sang madam presiden mengingatkan.

mengenai asuransi kesehatan, itu kasus lain yang akan ia selidiki.

jawaban itu sudah sering kudengar, kata si penyandera.

but not from my mouth, jawab sang presiden tegas.

wow! applause buat kecerdasan negosiasi presiden Allen.


jadi berkhayal, seandainya saja semua presiden secerdas dan bijaksana begini... mungkin adanya cuma di serial tv begini, ya?

No comments: