Saturday, May 12, 2007

chao praya


"never refusing those arriving
never detaining those who leave...


kalimat di atas kutemukan sewaktu sore tadi menyaksikan pameran foto internasional "dialogue with nature" di mal panakukang. terdapat sebuah foto dan sajak mengisahkan keindahan sungai Chao Praya. dan saya teringat di suatu masa pernah menyusuri sungai ini jauh mengikuti alurnya...

tidak hanya keindahan Chao Praya, beberapa situs menarik di seluruh dunia di pamerkan di sana. termasuk beberapa daerah di Indonesia. Bromo, Borobudur, Tanah Lot, Toraja, Sorowako dilukiskan dengan keindahannya.

mayoritas foto adalah hasil karya seorang Jepang, Dr. Daisaku Ikeda, presiden Soka Gakkai International. kabarnya, selama 30 tahun dia berkeliling dunia hanya untuk mengabadikan momen-momen unik yang ditemui, kemudian dipamerkan di setiap negara. pantasan saja, beberapa kata sambutan pejabat dan panitia dari kalangan pemerintah ikut terpasang di sana.

pameran foto ini saya sambut dengan antusias, karena jarang digelar di tempat umum seperti di mal. masyarakat tentu diajak untuk membuka mata melalui tangkapan lensa kamera akan keragaman dan keunikan dunia. cuma sayang, penataan bingkai foto, dan pencahayaannya terkesan asal deh. dinding tripleks sebagai latar foto, beberapa catnya yang terkelupas atau tergores rasanya cukup mengganggu. demikian pula cahaya lampu sorot gambar yang terpantul oleh kaca membuat pengunjung harus mencari sudut pandang tanpa terganggu bayangan ataupun pantulan cahaya.

namun seluruh gambar yang dipamerkan pantas diapresiasi dengan baik. jendela dunia dihadirkan di sana...

flow on! flow on!
Chao Praya, great river of mission!
towards the vast ocean of the century of hope -
dancing wave of joy"

No comments: