Thursday, November 09, 2006

balik kampung 2: surabaya


surabaya. kapal akhirnya merapat. dan selalu sesak orang berebutan menuruni tangga kapal. saya bersama Sr. Yerona menunggu setengah jam. dan masih saja penuh sesak orang menuruni tangga kapal.

setelah di darat, kami menunggu jemputan. Sr. Yerona hendak ke Malang. aku hendak menumpang hingga ke Jl. Raya Darmo. mobil jemputan yang ditunggu masih dalam perjalanan dari kota Malang... waduh. hingga jam 12.30, akhirnya aku memutuskan untuk menggunakan kendaraan umum.

surabaya tetap saja panas. saat tiba di tempat tujuan, saya langsung bergeletak setelah menyalakan pendingin ruangan di dalam kamar... sore hari, saya menyempatkan berjalan-jalan ke katedral Surabaya di Jl. Polisi Istimewa. gereja ini bagi saya memang istimewa. ada kantin dan toko buku yang sejuk di sana. jadi saya suka berlama-lama sekedar melihat-lihat, lalu menikmati makanan khas seperti lontong capgomeh, rujak cingur di kantin itu.

ada beberapa perubahan di katedral surabaya. toiletnya sudah direnovasi. menjadi mewah seperti toilet hotel, pakai marmer! wow. juga pendingin udara dipasang di mana-mana, termasuk halaman luar/pendopo gereja yang tidak berdinding! saat menengok ke halaman sekolah Santa Maria, di sana berkumpul masyarakat miskin. mereka sedang berbuka puasa bersama. Tim Seksi Sosial paroki rupanya yang mengadakan acara ini... sangat menyentuh hati! ada sekeluarga yang sedang duduk di lantai sekolah menikmati sepincuk sate ayam... duh, sedapnya.

sudah pukul 18 lewat beberapa menit. di halaman gereja tampak penuh mobil yang di parkir. ada misa apakah gerangan? ternyata sedang misa harian. jadi, saya masuk dan duduk mengikuti misa. sambil berdoa semoga Tuhan memberkahi perjalananku kali ini...

No comments: