Thursday, February 01, 2007

re-code your change DNA


kalimat di atas adalah judul buku terbaru Rhenald Kasali. saya cukup terobsesi pada buku Rhenald sewaktu membaca buku pertamanya berjudul "Change! Tak peduli berapa jauh jalan salah yang Anda jalani, putar arah sekarang juga (Manajemen Perubahan dan Manajemen Harapan)"


judulnya panjang banget, namun isinya bernas dan inspiratif. menjadi tongkat penyangga kedua kakiku saat melewati jalan perubahan beberapa waktu lalu.

dan memang Rhenald juga melakukan perubahan signifikan pada buku "Re-code your change DNA" tampilan bukunya menawan dan ilustratif. beberapa negara menjadi kisah pembanding saat ia secara khusus mengritik bobroknya birokrasi pemerintahan Indonesia. ia malah menantang setiap orang yang mau menjadi calon presiden Indonesia untuk membaca buku ini dan menerapkannya.

perubahan pada akhirnya harus dimulai dari tingkat paling dasar bahkan dari gen pembawa sifat (DNA) karena ini memengaruhi pola perilaku individu. Rhenald mengangkat kisah perubahan dari suku Masai di pedalaman Afrika, Muhammad Yunus dengan Grameen Bank-nya yang berhasil mematahkan pandangan dengan mengangkat martabat kaum miskin, atau teori "Broken Window Effect"-nya yang mengejutkan.

pola pandangan visioner yang terentang dalam buku Re-code sungguh menawan, juga disertakan beberapa test-case untuk menguji upaya Re-code.

saya cuma mau bilang terimakasih pada Pak Rhenald (seandainya dia sempat membaca tulisan ini) bahwa bukunya sungguh mencerahkan dan menemaniku melewati masa-masa menjaga pameran di toko buku...

saat ini saya sementara melakukan Re-code.
memang tidak mudah, ibarat memecahkan nomor kode butut yang akan keluar setiap malam. perlu ketekunan memang... dan adrenalin.

No comments: