Tuesday, February 27, 2007

makam yesus?


Yahoo!News menurunkan berita sensasional hari ini:

Tomb could be of Jesus, wife and son: directors
Mon Feb 26, 1:06 PM ET

WASHINGTON (AFP) - The burial site of Jesus has been found and suggests he had a wife and son, according to highly sensitive claims in a documentary by "Titanic" director James Cameron and Israel-born Simcha Jacobovici.


makam yesus? Yesus Kristus?
dan yang ngomong itu sutradara film Titanic, tentu saja ini sensasional. dan masih senapas dengan the da vinci code-nya dan brown. jadi bertanya-tanya, apakah James Cameron ingin membuat film mengenai makam yesus dan keluarganya itu. siapa tahu bisa meledak seperti DVC.

konon kabarnya kuburan keluarga Yesus beserta kerabatnya ditemukan di Talpiot, Yerusalem tahun 1980. di dalam makam terdapat beberapa ossuari [peti batu untuk menyimpan jenasah]. dari "katalog ossuari yahudi" dikenali 5 dari 10 bertuliskan nama: Yesus, Maria, Matius, Yusuf dan Maria Magdalena. dan satunya lagi bertuliskan: Yudah anak Yesus.

spekulasi lalu bermunculan. ini tentulah makam keluarga.
namun apakah ada hubungan dengan tokoh-tokoh Injil yang diyakini umat Kristen? tentu perlu pembuktian lebih jauh.

Prof. Amos Kloner, seorang arkeolog Israel mengatakan tak ada bukti bahwa itu adalah makam Yesus kristus.

"I'm a scholar. I do scholarly work which has nothing to do with documentary film-making. There's no way to take a religious story and to turn it into something scientific," he told AFP in a telephone interview.

"I still insist that it is a regular burial chamber from the 1st century BC," Kloner said, adding that the names were a coincidence.

"Who says that 'Maria' is Magdalena and 'Judah' is the son of Jesus? It cannot be proved. These are very popular and common names from the 1st century BC."


nah, bila demikian, siapa juga yang bisa langsung menyimpulkan bahwa nama Yesus (Jehosua dalam bahasa Ibrani) pada ossuari itu menunjuk pada Yesus Kristus? nama Yesus, Yusuf, Maria, Yudah adalah jamak dipakai oleh masyarakat Yahudi.

bila James Cameron mau membuat film yang heboh, mungkin baik bila dia mampir ke India. di sana ada buku "Jesus in India" dijual di emperan jalan yang memperlihatkan makam Yesus di daerah Kashmir yang konon tetap dijaga oleh keturunannya.
taklimatnya sesudah Yesus disalibkan, luka-lukanya disembuhkan oleh ahli yoga, lalu dia pindah ke India, berkeluarga dan wafat di sana.

ahh, kisah makam Yesus selalu saja menarik buat berspekulasi...

No comments: