Thursday, May 26, 2005

star wars III revenge of the sith: dari mana datangnya si jahat?


Anakin Skywalker gundah. ambisinya untuk mendapat gelar master dan dapat duduk di kursi dewan tidak mendapat restu. Kanselir Palpatine menangkap peluang itu: seorang anak muda dengan semangat yang berkobar, potensi yang meluap, namun harapan tak kesampaian berdiri di hadapannya.
ular berbisik di telinga Anakin: ada kekuatan lain yang bisa membuatmu tak terkalahkan, bahkan maut sekalipun! explore the darkside of yours...

Obi-Wan Kenobi, sang mentor, tak dapat berbuat apa-apa.
Anakin jatuh. pemandangan indah disuguhkan kepada penonton. proses transformasi seorang Anakin menjadi Darth Vader.
seorang malaikat berubah menjadi iblis.
lelaki berkulit putih itu kini menjadi monster berbungkus kaleng hitam mengkilap.

itulah kehebohan star wars III: revenge of the sith.
demikian rasa penasaran penonton terjawab: dari mana asal-mula kejahatan yang termanifestasi pada diri Darth Vader? lewat proses berliku-liku, bahkan dibangun sejak tahun 1977 [!] George Lucas menyajikan dongeng antariksa nun di galaksi sana... uniknya, kisah disajikan dari pertengahan yakni seri IV sampai VI. lalu seri I, II, dan sekarang adalah kepingan terakhir.

kepingan puzzle ditampilkan 28 tahun kemudian!
rasanya layak bila film ini diganjar penghargaan sebagai film terlama yang membuat penonton penasaran! hahaha...

tokoh-tokoh film star wars tidak kalah anehnya. ada bangsa wookiee, semacam kingkong. ada turunan alien. ada juga campuran alien dan robot, seperti Jenderal Grievous. namun jelas, ada beberapa yang mirip manusia. ya, manusia tulen. seperti si Obi-Wan Kenobi pelatih para kaum Jedi, Mace Windu, Anakin, Padme [isteri Anakin] dan anak-anak mereka dari hubungan terlarang: Luke dan Leia.

sewaktu kecil, saya sendiri sering dibuat bingung antara star wars dan star trek! hehehe... apalagi dengan model penceritaan begini. kukira kedua film ini kisahnya berhubungan, karena settingnya sama-sama di ruang angkasa.

sekarang aku jadi penasaran, mau menyusun kembali urutan kisah star wars. untunglah beberapa seri vcd original [bahkan dvd] star wars sekarang dijual murah, karena termasuk produksi out of date.

mungkin itu imbas sampingan dari kehebohan film star wars iii ini. kita diajak mengingat urutan ke depan dan ke belakang kisahnya.

dan menjadi terhenyak saat menemukan, betapa kebaikan dan kejahatan bedanya hanya seperti membalik telapak tangan!

may the Force be with you ...

No comments: