Thursday, May 12, 2005

sam & sam

film ilustrasi "sam & sam" diputar saat saya mengikuti lokakarya oleh sebuah organisasi. film ini menarik, karena diperlihatkan 2 sam yang berbeda namun sama. yang satu berkaki empat [anjing], yang satunya lagi berkaki dua [manusia]. kesamaannya, sial sekali mereka punya tuan yang menyebalkan.

mulanya mereka punya motivasi dan kreativitas. ekor sam berkibas riang saat menangkap setiap kali bos melempar sesuatu. sam sang pegawai dengan inisiatifnya menawarkan solusi bagi setiap pelanggan perusahaannya.
bukankah setiap kali bos mengingatkan 3 kata sakti visi perusahaan: "service! service! service!"

namun setiap kali itu pula semangat mereka turun drastis. sang bos tidak sepaham dengan apa yang mereka lakukan!

terjadilah, mereka kehilangan motivasi dan kreasi.

hal yang tragis sekaligus lucu, pada akhir film diperlihatkan topi sang bos yang jatuh di danau. biasanya si sam dengan lincahnya melompat ke danau untuk mengambilkan topi sang bos... namun kali ini dia cuma diam memandang cuek.
akhirnya, bos sendiri yang berusaha meraih topi tercebur ke danau.

sam sang karyawan berusaha untuk menolong, tapi sam yang satu lagi berusaha menahan dengan menggigit kaki sam... hahaha.

karikatur ironis ini terjadi di organisasi tempat saya berada. kreativitas dan motivasi terkendala sistem dan aturan yang kaku dan beku. sesuatu yang sederhana menjadi berbelit-belit dan semula maunya dapat yang murah, tapi justru costnya auzubillah mahal minta ampun...

kapan kita mau belajar ya?
trus, siapa yang mau jadi sam & sam selamanya?

No comments: