Friday, June 08, 2007

zahir


seorang istri tiba-tiba pergi meninggalkan suaminya. kepergiannya menimbulkan pertanyaan yang kian lama menggerogoti hati dan pikiran. sang suami berusaha mencari jejak istrinya. pencarian itu membawanya keluar dari dunianya yang aman tenteram, ke jalur yang tidak dikenalnya, dan membukakan matanya akan makna cinta serta kekuatan takdir.

demikian kurang lebih sinopsis novel "the Zahir" Paulo Coelho. novel ini kunikmati selama berhari-hari, menemani acara rutinku di pagi hari (di toilet, hahaha).

membaca novel ini rasanya selalu ada wawasan baru terbit di pagi hari. mengenai cinta yang membebaskan dari belenggu. mengenai pemahaman spiritual. bank budi dan pembebasan dari relativisme (tahukah mengapa jarak antara rel kereta api konstan sekian inci?).

zahir dalam bahasa Arab berarti suatu hal yang dipuja, didambakan dan dikejar sepanjang hayat. istilah lain dari obsesi? mungkin ya. tapi dapatkah obsesi bertahan lama?

kuduga Coelho tentu pernah mendengar pepatah ini:
Cinta selalu membebaskan. Biarkan Cinta terbang lepas dari dirimu.
Bila ia kembali kepadamu, maka ia benar-benar menjadi milikmu.


kalian tentu tahu setiap orang memiliki zahir jauh di dalam lubuk hatinya. di sana sebuah arca pemujaan kita taruh, dan memujanya.

she is my zahir.

No comments: