Saturday, April 09, 2005

Papal Code?


dan brown menggemparkan dunia dengan novelnya 'the da vinci code'. ia menyusun teorema berbungkus kisah fiksi. leonardo da vinci jadi batu pijakannya. maka semua dasar bangunan iman kristiani digoyangnya. maria magdalena katanya adalah kekasih Yesus Kristus dan ditampilkan Leonardo dalam lukisan the last supper pada sisi kanan sang Guru. dialah menurut dan brown menurut leonardo "cawan suci" pada perjamuan malam terakhir, karena ia membawa darah-daging Yesus dalam sejarah.

pihak gereja menjadi tertuduh di sini. 'fakta' tersebut ditutupi berabad-abad dengan menggunakan kakitangan beberapa lembaga seperti opus dei yang digambarkan tak segan-segan membunuh pembocor rahasia agung ini.

penikmat novel tentu menikmati ramuan rahasia 'da vinci code'. namun bagi kaum agamawan, ini jelas suatu hal serius. seorang kardinal di italia mengeluarkan fatwa larangan mambaca dan menjual buku ini. beberapa buku diluncurkan untuk menangkis tuduhan dan brown. yang menikmati perang ini tentu saja industri perbukuan... syukurlah, belum sampai adu fisik atau mengeluarkan fatwa mati bagi pengarang :).

[tulisan ini belum selesai]

No comments: