Saturday, August 25, 2007

sepotong kisah bernama mukjizat

ya, sepotong, atau sepenggal kejadian aneh dalam hidup kualami. dan luar biasa... semula kusangka tak dapat kulalui. tentu mustahil melewatinya. atau ahh... lupakan saja. apa itu? proses diklat prajabatan dan pemeriksaan kesehatan menyeluruh.

kami angkatan XII diklat pada bulan lalu (angkatan terakhir untuk tahun ini). disekap selama dua minggu dan mengikuti jadwal kegiatan penuh pagi hingga malam: olahraga pagi (ugh... sudah berapa lama saya mengabaikan kegiatan ini?), sarapan bersama, mandi, nyuci baju, apel pagi, belajar hingga sore, mandi, makan malam, buat ringkasan, apel malam, tidur... demikian setiap hari. asli menjemukan!

untung saja ada beberapa teman yang dapat mencairkan suasana dengan guyonannya. ketawa menjadi katup pengaman kami sebelum jadi stres, apalagi menghadapi dua kali ujian. ada teman bernama Amiruddin, semula dia serius banget. setelah hari kedua, kelihatan aslinya: dia pandai meniru suara kyai kondang Zainuddin MZ, plus cerita-cerita lucunya.

ini gayanya. asli katro kan?


hari terakhir kegiatan, kami mengikuti rekreasi di pantai Tanjung Bayang. bakar ikan, berenang, dan apalagi kalo bukan ketawa... seketika hidup jadi terasa lebih ringan.



setelah selamat melewati diklat, kebetulan bertemu dengan teman diklat saat berjalan-jalan di sebuah mal. dia bercerita telah mengikuti tes kesehatan, meskipun ijasah diklat belum keluar.

saya segera mengurus surat untuk pemeriksaan kesehatan. dengan hati berdebar-debar plas... melewati satu per satu poli kesehatan: foto toraks, ambil urin dan darah, THT, interna, syaraf, mata, gigi, dan poli umum. akankah saya melewati pemeriksaan kesehatan ini dengan baik?

sepanjang perjalanan ke RS saya cuma berdoa Bapa Kami dan Salam Maria. "ke dalam perlindunganmu kami berlari, ya Bunda..."

setelah pemeriksaan selama dua hari, berkas-berkas hasilnya pun diberikan. kesimpulan: saya dinyatakan lulus.

sederhana dan sebiasa itu.
namun saya menganggap ini luar biasa. sungguh ruarrr biasa!

karena itu saya menuliskan kisah ini.
sesuatu yang tidak biasa telah terjadi dalam hidup saya. jikalau bukan karena kebaikan Tuhan, apa lagi yang dapat membuatnya jadi begini?

No comments: