Saturday, October 07, 2006

heart

tadi siang saya baru selesai nonton film "heart". vcd pinjaman dari teman. katanya bagus banget tuh film, soundtrack-nya memang asik didengar. puitis dan mengalir. bagaimana dengan film-nya?

penasaran saya coba putar. dari dua plat vcd, satu plat yang saya nonton kemarin rasanya garing banget. alur ceritanya amat disederhanakan. penokohan cerita hanya berputar-putar pada 3 anak muda ini: Farrel-Luna-Rachel. konflik cinta segitiga. triangle love lagi!
beberapa keganjilan di sana-sini. gak usah dipikirkan, siapa keluarga ketiga anak muda ini. mereka diperlihatkan seolah hidup sendiri di rumah besar di kawasan pegunungan. pada akhir cerita, ayah Luna dan ibu Rachel baru dimunculkan.
gak usah dipikirkan, Luna pengarang komik tiba-tiba mau memberikan alamat rumah dan nomor teleponnya kepada fans yang baru dikenalnya, sambil cengar-cengir.
gak usah dipikirkan, kura-kura di danau selalu saja bertengger pada batang kayu saat Luna dan Farrel berperahu. atau si Rachel yang mau menjadi donor hidup buat Luna...

kisah ini memang dimaksudkan sebagai cerita cinta. semacam "Love Story"-nya Eric Seagal. atau "Kuch Kuch Hota Hai" Shahrukh Khan. beberapa teman bilang film Heart secara sederhana mengambil tema film Kuch Kuch Hota Hai. tapi kisah cinta perlu alur dan karakter cerita yang jelas dong.

beruntung film ini terselamatkan oleh soundtrack yang sesekali muncul sebagai background [resep film India?] serta setting pemandangan bukit dan kebun teh [di Bogor?].

maka pada kepingan kedua VCD yang saya putar siang tadi, kisahnya menjadi jelas. potongan-potongan adegan yang tampaknya ganjil itu berujung pada peristiwa tragis: kematian. seorang tokohnya mati demi cinta.

pembuat film Heart ini tentu meyakini adagium kuno ini: kematian mengekalkan cinta. jadi, bila mau menikmati film ini, tak perlu berpikir terlalu rumit. cukup siapkan saja sapu tangan atau tissue...

"If you love somebody could we be this strong
I will fight to win our love will conquer all
Wouldn’t risk my love
Even just one night
Our love will stay in my heart
My heart..."
OST Heart

No comments: