Wednesday, June 22, 2005

mr and mrs smith: perang ala suami isteri



bila saat ini Anda sudah bersiap-siap menceraikan pasangan Anda dengan sederet litani keburukan dan kurang perhatian yang diberikannya, ada baiknya Anda [dan pasangan] buruan masuk bioskop dan nonton film ini.
bukan promosi, Anda akan menyaksikan seteru di film ini: suami-isteri, tuan dan nyonya Smith... dan jangan lupa persiapkan: popcorn, minuman dingin dan ... tawa Anda.

pasangan Smith dimainkan dengan elok si sexy Angelina Jolie dan Brad Pitt. pasangan nikah selama 5 atau 6 tahun ini ingin pisah. rumah mewah, mobil luks, dan segala kekayaan yang dimiliki pasangan ini ternyata berujung pada gulana: masing-masing tidak saling mengenal tabiat, apalagi habitat pekerjaan pasangannya.

luar biasa... hmm, lalu apa yang mereka perbuat selama 5 tahun?
aktivitas seksual? pada permulaan film mereka saling mengelak mengungkapkan hal ini karena garingnya hubungan mereka.

Mr John Smith punya profesi sebagai pembunuh bayaran.
Mrs Jane Smith juga berprofesi pembunuh bayaran. klop sebetulnya.
namun mereka bekerja pada perusahaan yang berbeda. dengan target yang sama.

tahapan-tahapan konflik rumah tangga disajikan dengan cantik: mulai dari melepas cincin perkawinan saat ke luar rumah, masakan isteri yang kurang garam, sampai bohong-bohongan di telepon...
konflik mereka berdua terjadi saat mereka menyasar satu calon korban yang sama.
seketika terbongkarlah kedok kebohongan masing-masing. perang tak terelakkan. perang dalam arti sungguhan... mereka mau saling bunuh, hancur-hancuran deh.

kebayang kan gimana suami-isteri bertempur habis-habisan?

pada ujungnya, target sebetulnya diarahkan pada mereka berdua...
musuh dari pihak ketiga ini justru menjadi perekat. mereka kompak saat menghadapi musuh bersama... permainan tembak menembak duo Smith jadi sangat indah, mirip adegan menembak Neo dan Trinity dalam The Matrix. terselip satu janji, mereka ingin menikmati hidup ini nun di sana dalam suasana yang lebih baik bila keduanya selamat dari pertempuran ini.

aahhh, pasangan pria-wanita dalam perkawinan... lagu lama, baru belajar mengenal pasangannya justru sesudah perkawinan.

itulah pesan sederhana film dengan judul sederhana ini, 'mr and mrs smith', namun dengan kehebohan animasi dan pemandangan yang hancur-hancuran... kita jadi tertawa saat layar perak itu memantulkan betapa miripnya dengan kehidupan yang kita jalani sehari-hari...

lalu, Anda masih terpikir untuk cerai?
selamat ketawa.

No comments: