Wednesday, October 03, 2007

seorang anak menangis


pagi tadi saya mengajar di sebuah Sekolah Dasar kelas 1. seorang anak laki-laki kecil tiba-tiba maju menghampiri saya sewaktu saya sedang bercerita di depan kelas.

dia menangis tersedu-sedu.
kutanya: "kenapa menangis?"

dia menjawab: "mamaku pergi"
kutanya lagi: "pergi ke mana?"

"pergi kuliah. tidak ada yang menemani saya belajar..."
"sudah kalau begitu, minta papamu menemani ya?" kataku menghibur.
dia kini bisa sedikit tenang.

sebelum pelajaran berakhir, kusampaikan bahwa minggu depan ada ulangan.
tangisannya terdengar lagi.

dia menghampiriku lagi.
kutanya: "kenapa menangis?"
dijawabnya: "tidak ada mama yang menemani saya belajar untuk ulangan"

waduh...
pulang sekolah, saya bertemu baby-sitternya di gerbang sekolah.

dia bilang: "iya, mamanya memang sedang kuliah di Surabaya".

"papanya di mana?" tanyaku
"papanya selalu sibuk dengan urusan kerja".

dalam hati saya sempat terkesima. "sempurnalah," pikirku.

anak bukan lagi hal utama bagi orangtua.
masih banyak hal lain yang patut dikejar di zaman ini: karir, studi, pekerjaan...

semoga karena itu kelak orangtua dapat bangga pada anaknya.
sebegitu mereka menabur, sebegitu mereka menuai...

No comments: